Apakah Rahasia Bahagia Saat Pensiun?

Pelatihan Purnatugas Purnakarya Purnabakti dan Pra pensiun dapat diakses disini-Kebahagiaan adalah keajaiban yang menerangi dunia kita dan membuat segalanya bisa terjadi. Kebahagiaan penting untuk segala usia, termasuk saat kita pensiun di hari tua nanti.

Apa Itu Kebahagiaan?

Kebahagiaan adalah sebuah senyum. Senyum puas yang mewarnai wajah saat Anda mencapai hal yang tidak mungkin. Senyum sejahtera yang memberi energi saat Anda mampu lari lebih jauh dan lebih cepat dan masih punya tenaga untuk bermain dengan anak Anda. Senyum kegembiraan yang mengisi jiwa saat Anda menciptakan memori baru bersama keluarga dan teman.

Tanya pada siapapun tentang arti kebahagiaan dan Anda akan menemukan bahwa untuk kebanyakan orang, kebahagiaan adalah memiliki seseorang yang dicintai, sesuatu untuk dilakukan, atau suatu harapan. Sigmund Freud menyebut kemampuan untuk mencintai dan kemampuan untuk bekerja sebagai kunci dari kesehatan jiwa. Sekarang, kita semua sadar akan pentingnya kesehatan sebagai elemen utama kebahagiaan.

Kerja, kesehatan, hubungan – tiga mahkota kebahagiaan untuk semua umur. Mari kita eksplor bersama-sama.

Pekerjaan tidak hanya memberi kita penghasilan tapi juga identitas, hubungan sosial, dan lingkaran pertemanan. Saat pensiun, semua ini akan hilang. Bahkan hubungan dekat dengan rekan kerja berkurang saat kita mengambil jalan masing-masing. Untuk mencapai kebahagiaan di hari tua, kita harus mengisi kekosongan yang ditinggalkan dari seluruh perjalan karir kita.

Kalau dipikir-pikir, dari sejak lahir, kerja adalah bagian utama dari eksistensi kita di dunia. Saat anak-anak, kerja kita adalah belajar. Sementara ketika dewasa pekerjaan adalah mata pencaharian kita. Karena itu, menganggap pensiun sebagai kehilangan pekerjaan adalah salah. Sebenarnya, kita paling bahagia saat disibukkan dalam aktivitas yang membuat kita senang, membuat pikiran tetap tajam, serta berhubungan dengan orang lain, yang membuka pengalaman baru. Begitu juga halnya saat kita pensiun.

Kesehatan adalah esensi dari kebahagiaan hari tua dan banyak orang kerap mengabaikannya.  Untungnya, kita memiliki kendali atas kondisi kesehatan masing-masing. Kendalanya, mencapai dan menjaga kesehatan bukanlah seperti menonton olahraga. Ini membutuhkan tindakan terpadu – memperhatikan pola makan, latihan rutin, dan tidur yang cukup.

Menjaga kesehatan juga membutuhkan peran aktif mengatur perawatan kesehatan Anda. Dokter hanya memiliki sedikit waktu untuk kita, jadi kita bertanggungjawab untuk menjadi konsumen yang tahu tentang perawatan kesehatan, memberi pertanyaan, mendengarkan dengan seksama dan menuruti kata dokter. Anda juga boleh mengambil inisiatif bila perlu, jangan ragu untuk mengingatkan dokter Anda bila harus melakukan tes medis rutin.

Relationship akan membuat hidup lebih berharga. Hidup lebih indah saat kita bisa berbagi kebahagiaan pada seseorang yang kita sayang, yang menenangkan kita saat masa-masa sulit. Matahari terbenam terlihat jauh lebih indah saat kita melihatnya bersama dan tragedi lebih mudah disikapi saat ada orang lain yang peduli, yang tidak menilai kita dan mengerti perasaan kita. Sentuhan, pelukan, kata-kata dan perbuatan berarti menghubungkan kita dengan orang lain, membuat kita merasa tidak sendiri di dunia dan memberi kekuatan untuk tetap tegar. Dengan kebahagiaan, kita meraih kebaikan bersama, baik pemberi maupun yang menerima.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*