Contoh Pedoman Pengisian Form Kinerja CSR

Contoh Form Kinerja CSR ini terdiri dari 3 (tiga) lembar yang masing-masing saling melengkapi sehingga harus dilihat sebagai sebuah kesatuan. Pengisian form ini akan memberi acuan kepada Team Leader dan Manajemen Perhutani dalam melakukan penilaian, pengawasan, serta evaluasiĀ  dari setiap program.

KOLOM 1 : NAMA & REFERENSI STRATEGI
Kolom ini diisi dengan nama program, yang didasarkan pada proses yang dilakukan (misal PEMBENTUKAN Team Leader CSR) atau hasil yang ingin dicapai (misal Pembentukan TEAM LEADER CSR)

Dijelaskan pula acuan strategi yang dipilih dari beberapa strategi yang telah ditetapkan dalam MasterPlan

KOLOM 2: RINGKASAN
Berisi gambaran singkat yang menjelaskan program. Diusahakan memiliki 6 komponen informasi 5W+1H, yaitu WHO (siapa yang terlibat), WHAT (aktivitasnya), WHY (sebab dipilihnya program), WHEN (waktu pelaksanaan), WHERE (lokasi program), dan HOW (bagaimana prosesnya)

KOLOM 3: TUJUAN
Kolom tujuan program diisi dengan manfaat yang akan diperoleh dari program tersebut

KOLOM 4: HASIL
Diisi dengan hasil yang akan diperoleh secara langsung dari program ini.

KOLOM 5: TONGGAK
Kolom tonggak ibarat sebuah tangga naik, diisi dengan tahapan-tahapan yang akan dilalui untuk mencapai hasil, yang diberikan keterangan waktu (dalam bulan setiap tahun)

KOLOM 6: RISIKO
Kolom risiko diisi dengan semua potensi risiko harus disiapkan antisipasinya agar tidak mengganggu program.

KOLOM 7: KPI DAN TARGET
Program ini harus ditulis KPI(Key Performance Indikator)nya, yaitu kondisi/ukuran yang bisa dipakai untuk menilai tingkat keberhasilan program, dan dicantumkan juga targetnya.

KOLOM 8: SUMBER DAYA
Ditulis sumber daya atau dukungan yang diperlukan, baik dari Perhutani (bisa pusat,unit, rayon) maupun pihak luar, agar program ini bisa berhasil

KOLOM 9:TIM KERJA DAN PEMANGKU KEPENTINGAN
Ditulis pihak Perhutani yang berperan dalam pelaksanaan program ini, dan juga pihak-pihak luar yang berpengaruh dan mungkin terlibat dalam pelaksanaan program

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*