Dekranasda Bangka Punya Gerai Kerajinan Khas Bangka

Bupati Bangka H Tarmizi H Saat meminta agar Dekranasda Kabupaten Bangka memiliki gerai tersendiri untuk memajang dan memasarkan hasil kerajinan para pengerajin di Kabupaten Bangka.
Untuk itu akan disiapkan gerai di Sungailiat dan di Jalan Mentok Pangkalpinang sehingga setiap hasil karya ciri khas Kabupaten Bangka bisa ditampilkan di gerai tersebut. Apalagi dekranasda sebagai lembaga yang independen dan nirlaba yang bekerjasama dengan pemerintah dalam membina dan mengembangkan seni kerajinan yang berbasis pada warisan budaya daerah. Dengan adanya dekranasda bisa meningkatkan daya saing produk kerajinan dan kesejahteraan para pengrajinnya.

“Dengan telah dilantiknya pengurus Dekranasda Kabupaten Bangka kita harapkan bisa bersinergis untuk membangun Bangka, berkarya, berkreasi guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” kata Tarmizi dalam sambutannya saat melantik Pengurus Deklanasda Kabupaten Bangka, Selasa (21/1/2014) di Gedung Sepintu Sedulang.

Untuk itu menurutnya harus ada sinergitas antara pemerintah dengan dekranasda juga sangat diperlukan sebagai wadah pembinaan produk kerajinan daerah, pembinaan dan pengembangan anggota dekranasda, serta turut serta menyukseskan pembangunan daerah.

Sementara itu, Ketua Harian Dekranasda Provinsi Babel, Hasanudin  meminta Pengurus Dekranasda Kabupaten Bangka bisa mengembangkan  dekranasda dan kerajinan daerah Kabupaten Bangka. Dia berharap dekranasda  bisa berperan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Sinergitas antara Dekranasda Kabupaten Bangka dengan Provinsi dan Kabupaten lainnya harus terus ditingkatkan sehingga semakin maju dan berkembang,” harap  Hasanudin.

Pada kesempatan tersebut Tarmizi dan Hasanudin serta tamu undangan lainnya melihat desain corak batik khas Bangka yang diikuti 43 peserta dan juga meninjau bazaar makanan dan kerajinan tangan Kabupaten Bangka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*