Diklat Patient Safety Di Ruang Isolasi bagi Rumah Sakit

Intensive Care Unit (ICU) merupakan ruang perawatan dengan tingkat resiko kematian pasien yang tinggi. Sehingga di dalam manajemen rumah sakit, tindakan keperawatan yang cepat dan tepat sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan pasien. Pengambilan keputusan yang cepat ditunjang data yang merupakan hasil observasi dan monitoring yang kontinu oleh perawat. Hal tersebut juga memerlukan manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang tersandarisasi

Tingkat kesibukan dan standar perawatan yang tinggi membutuhkan peralatan tehnologi tinggi yang menunjang. Peralatan yang ditemukan di ICU antara lain bed side monitor, oksimetri, ventilator dan lain—lain jarang ditemukan di ruangan lain dan peralatan tersebut ditunjang oleh tehnologi tinggi.  Selain didukung dengan peralatan yang serba canggih, peran kemapuan petugaspun harus diperhatikan. Perawat di ruang isolasi tentunya mempunyai tingkat konsentrasi yang lebih dibanding dengan perawat di ruang biasa.

Oleh karena itu, telah disusun  pelatihan penanganan keselamatan pasien di ruang isolasi berdasar Permenkes RI No 1691/MENKES/PER/VIII/2011 tentang Keselamatan Pasien Rumah Sakit pada 25—26 September 2013.

Materi pelatihan:

  1. Prosedur Keselamatan Pasien di Ruang Isolasi
  2. Analisis dan Pelaporan Perkembangan Medis
  3. Bekerjasama dan Berkomunikasi Dengan Rekan Kerja
  4. Menangani Risiko Keselamatan Pasien
  5. Visitasi dan pembelajaran lapangan.

Durasi pelatihan
Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari pelaksanaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*