Ekonomi Kreatif Berkontribusi 7% ke PDB Indonesia

Pelatihan Ekonomi Kreatif | Diklat Ekonomi Kreatif

ekonomi kreatif-Perekonomian kreatif telah memberikan sumbangan 7 persen dari pertumbuhan domestik bruto (PDB) Indonesia. Ekonomi kreatif merupakan kekuatan baru dalam pembangunan nasional, mengingat sumber pertumbuhan berbasis kreativitas dan inovasi dengan basis pengetahuan dan teknologi. Dilansir dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Selasa (21/10/2014), ada beberapa kontribusi yang telah diberikan perekonomian kreatif terhadap negara. Seperti, sumbangan pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen terhadap PDB Nasional 2012-2013, sedikit di bawah target 7,3 persen, 7,4 persen pada semester I-2014, dan diperkirakan akan meningkat menjadi 7,5 persen.

Hingga semester I-2014 nilai tambah dari sektor ekonomi kreatif diestimasi mencapai Rp111,1 triliun. Penyumbang nilai tambah tertinggi antara lain subsektor mode, kuliner, kerajinan, penerbitan dan percetakan. Keempat subsektor ini juga erat dengan kaitannya dengan sektor pariwisata. Ekonomi kreatif juga telah menyerap 11,8 juta tenaga kerja sebesar 10,72 dari total tenaga kerja nasional pada 2013 nasional pada 2013 atau di atas target 8,35. Ekonomi kreatif telah menciptakan 5,4 juta usaha atau sekitar 9,68persen dari total jumlah usaha nasional, serta memberikan kontribusi terhadap devisa negara sebesar Rp119 Triliun atau sebesar 5,72persen dari total ekspor nasional.

Menurut estimasi Pusat Data dan Informasi (pusdatin) Kemenparekraf, ekpor karya kreatif Indonesia tengah tahun mencapai Rp63,1 Triliun atau tumbuh sebesar 7,27 dibandingkan periode yang sama 2013.

Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh subsektor kerajinan dengan laju pertumbuhan ekspor sebesar 11,81 persen diikuti mode dengan pertumbuhan 7,12 dengan rincian periklanan sebesar 6,02 persen dan arsitektur 5,59 persen.

Potensi ekonomi kreatif ke depan sangat potensial dan bisa menjadi kekuatan baru dengan sumber daya yang tidak terhabiskan. Hal ini disebabkan sumber utama adalah orang kreatif yang dapat berkembang dan menciptakan nilai tambah karena iklim yang kondusif dan akan terus tumbuh memberi kontribusi ekonomi maupun nonekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*