Ekonomi Kreatif Harus Ciptakan Kemandirian

eksporPelatihan Ekonomi Kreatif -Pengamat dari Asosiasi Kader Sosio-Ekonomi Strategis (AKSES) Suroto mengatakan ekonomi kreatif harus dibangun untuk mampu menciptakan kemandirian bangsa. “Inovasi harus didorong sedemikian rupa. Ekonomi kreatif yang berbasis modal kecil dengan pemanfaatan teknologi sederhana harus terus dikembangkan. Bagaimana caranya agar dalam skala massal dapat melepaskan diri dari ketergantungan,” kata Suroto di Jakarta, Rabu [08/10]. Ia mencontohkan hal paling sederhana misalnya, seseorang bisa mengembangkan pangan berbasis umbi-umbian yang banyak sekali variannya di Indonesia.Selain itu, pemerintah bisa menginisiasi upaya untuk menghidupkan lagi kain tenun yang masing-masing daerah di Indonesia memiliki coraknya sendiri. “Misalnya saja dengan mewajibkan penggunaan kain tenun untuk seragam pegawai dan anak sekolah,” katanya.

Suroto menekankan pentingnya penggalian kembali kekayaan bangsa yang tersembunyi baik dari sisi budaya, pangan, hingga sumber energi terbarukan. Menurut dia selain akan memberikan “multiplier effect” bagi ekonomi rakyat, industri kreatif ini bisa mendorong tumbuhnya kreativitas masyarakat. “Kreativitas memang penting, tapi kreativitas itu tentu akan berdampak strategis apabila bervisi untuk menciptakan kemandirian ekonomi,” katanya.
Ia berpendapat pentingnya menciptakan ekonomi kreatif yang bervisi kemandirian sehingga mampu menciptakan daya untuk melepaskan diri dari ketergantungan ekonomi.
“Kebutuhan pasar domestik harus menjadi prioritas dan baru mengembangkan komoditas ekspor untuk memenuhi permintaan pasar internasional. Ekonomi yang jadi pangkal jangan dibalik jadi ujung dan ujung jadi pangkal,” katanya. Oleh karena itu, ia mendesak pengembangan ekonomi kreatif yang harus didorong untuk menciptakan produk dan jasa terutama dalam memenuhi pasar dalam negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*