Ekspor Ekonomi Kreatif Masih Menggiurkan

eksporPelatihan Ekonomi Kreatif | Diklat Ekonomi Kreatif-Pertumbuhan ekspor Indonesia merupakan bagian penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pasalnya dengan banyaknya barang hasil buatan Indonesia yang dapat diekspor dan dijual di pasar global akan menyumbang pemasukan uang kas negara. Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurti mengatakan, barang berupa perhiasan buatan Indonesia kini tengah diminati oleh pasar global. Oleh karena itu, Indonesia harus terus mendukung barang-barang tersebut.”Kita makin lama menggunakan market yang bagus untuk perhiasan, permintaan makin mapan, sekarang diminta terus,” ujarnya saat ditemui di Jakarta, Selasa (2/9/2014).
Dia mengatakan, dengan adanya pasar tersebut, maka dapat menjadi simbol dari ekonomi kreatif yang semakin membaik dan harus dapat terus dieksplorasi oleh masyarakat Indonesia.

“Sebenarnya banyak di jasa termasuk desiain, animasi, dan lain lain. Ini pembinaannya ada, kalau Kementerian Perdagangan fokusnya kepada harus lebih terbuka dan lebih update mengenai perdagangan jasa,” jelasnya.

Menurutnya, selain ekonomi kreatif harus terus dieksplor, di bidang kuliner juga semakin lama semakin membaik, karena memiliki potensi yang cukup besar. “Yang lain sedang tumbuh pesat makanan, selain kuliner juga sambal, kerupuk, dan lain-lain makanan yang bersifat olahan,” katanya.

“saya kira baik walau angkanya masih kecil, namun bila ada faktor lain seperti kemasan diperbagus dan lain-lain, ini akan memudahkan untuk masuk ke pasar global, angkanya kecil tapi growthnya terus bagus,” tutup dia. (mrt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*