Event Organizer: Pemberian Penghargaan Bagi Pelestari dan Penggiat Budaya

penyerahan Anugerah Budaya DIYPT. Kirana Adhirajasa Indonesia sebagai penyelenggara (event organizer) bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY menyelenggarakan Kegiatan Pemberian Penghargaan Bagi Pelestari dan Penggiat Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini dibagi menjadi 2  yaitu pertama Pagelaran Wayang Kulit yang dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2015 dilanjutkan dengan Malam Pemberian Penghargaan Bagi Pelestari dan Penggiat budaya yang diselenggarakan pada tanggal 13 Desember 2015.Menjadi penting kegiatan ini karena budaya sebagai bagian identitas atau ciri yang kemudian menjadi visi pembangunan DIY. Kalai kita lihat DIY sebagai pusat pendidikan, kebudayaan dan daerah tujuan wisata terkemuka di Asia tenggara tahun 2025. DIY adalah rumah besar bagi para pelaku budaya, pemerhati dan pecinta budaya serta merupakan laboratorium yang tidak pernah berhenti melahirkan karya dan pemikiran kreatif. Para Seniman dan budayawan tersebut memiliki intensitas dan konsistensi yang tinggi dalam hal penciptaan, pelestarian dan pengembangan seni budaya sehingga memberikan nama harum bagi DIY. Kepada mereka yang telah memddedikasikan sebagian besar hidaupnya untuk pelestarian dan pengembangan seni budaya inilah Pemerintah Daerah DIY perlu untuk memberikan penghargaan.

Acara dibuka oleh MC Ferry Anggara yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Warno, SIP dari Biro Kesra Pemda DIY. Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Drs. Umar Priyono, M.Pd melaporkan kepada Gubernur DIY mengenai kegiatan anugerah budaya. Rangkaian acara dilanjutkan dengan pembacaan SK Gubernur DIY tentang Pemberian Penghargaan Bagi Pelestari dan Penggiat Budaya Tahun 2015. Pada kesempatan tersebut juga diputar video profil para penerima anugerah yang berdurasi 15 menit. Sebagai puncak acara adalah penyerahan penghargaan kepada 14 orang / lembaga  berupa:

  1. Piagam, Pin EmasdanuangpembinaansebanyakRp 25.000.000,00 (duapuluh lima juta rupiah) per orang/lembaga untuk katagori Seniman Budayawan dan Pelestari Adat danTradisi.
  2. Plakat, Piagam, Pin EmasdanuangpembinaansebanyakRp 25.000.000,00 (duapuluh lima juta rupiah) per orang untuksubsidipemeliharaanWarisanBudaya.

Penyerahan dilaksanakan dengan iringan prosesi penari yang menghantarkan para penerima anugerah pada tempat penerimaan. Penyerahan anugerah budaya berikan oleh Sekretaris Daerah DIY didampingio oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY. Selanjutnya adalah Sambutan Gubernur DIY yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah DIY Bapak Drs. Ichsanuri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*