Google ikut rayakan Hari Batik Nasional

google-batikGoogle | Hari Batik Nasional | Ekonomi Kreatif-Sekali lagi ada tampilan baru di laman pencarian Google Indonesia. Tampilan yang dapat dilihat hari ini tersebut bertemakan batik. Ternyata, Google sengaja mendesain halaman mesin pencarinya dengan menambahkan Doodle bertemakan batik karena memang hari ini (02/10) adalah Hari Batik Nasional.Dalam Wikipedia, ada dua definisi untuk mengartikan kata batik ini. Definisi pertama adalah teknik pewarnaan dan pembuatan motif kain yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia ini. Sedangkan definisi kedua adalah batik merupakan nama dari kain yang telah jadi dibuat menggunakan teknik tadi.Kata batik sendiri merupakan penggabungan dari dua suku kata Jawa, yaitu “amba” yang berarti “menulis” dan “titik” dengan arti sama. Kemudian keduanya digabungkan menjadi (a)mbatik atau proses untuk membuat kain batik.

Kain batik beserta prosesnya merupakan peninggalan bersejarah yang juga menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang dikenal mulai sekitar abad ke-4 SM di tanah Jawa.

Beberapa tahun lalu, sempat ada klaim dari negara Jiran Malaysia bahwa batik adalah asli budaya mereka. Oleh karenanya, Indonesia melakukan segala cara untuk mendapatkan pengakuan dunia bahwa batik benar-benar berasal dari Indonesia pertama kali dan bukan dari Malaysia. Pada akhirnya, setelah proses yang cukup panjang, batik dinyatakan sebagai budaya asli Indonesia oleh UNESCO.

Dikarenakan sudah ‘kembali’ menjadi hak milik Indonesia, maka setiap tanggal 02 Oktober, dinyatakan sebagai Hari Batik Nasional dan Google turut memperingatinya dengan mempersembahkan Doodle bertemakan batik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*