Harapan Dirut BEI untuk Kementerian Ekonomi Kreatif

anyam-anyamanPelatihan Ekonomi Kreatif -Rencana pemerintah Joko Widodo mendirikan Kementerian Ekonomi Kreatif disambut baik oleh Bursa Efek Indonesia. Pasalnya selama ini izin mendirikan perusahaan yang bergerak di Industri kreatif sangat sulit. Dengan adanya kementerian ini diharapkan akan mempermudah dan mempercepat proses perizinan. “Mungkin kalau saya bisa sampaikan selama ini banyak aspek ekonomi kreatif yang terpaksa dilakukan di luar negeri bukan di Indonesia karena memang Indonesia belum beri wadah,” ujar Direktur utama PT Bursa Efek Indonesia Ito Warsito saat ditemui di Jakarta, Rabu (17/9/2014).Sebagai contoh, terang Ito, banyak orang Indonesia yang buat game, software di luar negeri, mereka dirikan perusahaan di Singapura karena mendirikan perusahaan disana lebih gampang. “Sedangkan mendirikan perusahaan di Indonesia sangat sulit jalannya, panjang prosesnya, makanya mereka dirikan di luar, kalau pemerintah baru ingin mendirikan kementerian ekonomi kreatif mungkin nanti proses perizinan mendirikan perusahaan di Indonesia akan lebih simpel, sehingga orang yang tadinya mendirikan perusahaan di luar akan kembali ke Indonesia,” kata dia.

Menurutnya hal itu yang mendasari investor membangun bisnis di luar negeri, padahal minat investor terhadap industri kreatif terbilang tinggi.

“Itu yang bikin mereka dirikan di Sigapura itu karena investor Indonesia mendirikan disana karena di sini susah , jadi minatnya sangat tinggi,” jelas dia.

Jika hal itu benar terealisasi, Bursa Efek menyatakan akan mendukung perseroan dalam industri tersebut untuk melakukan IPO di Indonesia.

“Kita tidak mendukung Kementerian Ekonomi Kreatif tapi kita akan dukung perusahaan yang bergerak di industri kreatif untuk membuat perusahaan dan IPO di Indonesia,” tukasnya. (rzy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*