Instrumen Untuk Menilai / Social Audit Program CSR Perusahaan

Instrumen Penilaian Program CSR Perusahaan – Audit sosial merupakan salah satu instrument untuk menilai keberhasilan program CSR. Alat ini akan mengukur sejauh mana rencana telah dilakukan dan membuahkan hasil. Dengan kata lain, social audit akan membandingkan antara promise dengan hasil yang dicapai.

Mekanisme audit sosial ini sangat cocok dilakukan karena memberi manfaat langsung pada 3 alasan dasar:

  • Melihat sejauh mana perusahaan telah dengan sungguh-sungguh melakukan CSR, dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan dampak yang ditimbulkannya.
  • Melihat sejauh mana masyarakat umum melihat dan menilai keberhasilan program yang dijalankan.
  • Melihat sejauh mana CSR memberi manfaat bagi karyawan dan mitra kerja perusahaan, sehingga mereka bangga dan nyaman bersosialisasi dengan masyarakat

Audit ini dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:
1. Komparasi
Tim audit akan menilai dengan membandingkan beberapa hal, antara lain:

  • ┬áRencana kerja CSR dan dampak terhadap masyarakat
  • Pengaruh hasil kerja terhadap kehidupan masyarakat
  • Membandingkan dengan perusahaan lain yang melakukan hal yang sejenis

2. Verifikasi
Tim audit harus dilakukan oleh pihak-pihak yang netral dan berpengalaman, yang tidak memiliki keterkaitan dengan perusahaan.
3. Keterbukaan
Hasil audit ini akan disebarluaskan dan dinilai oleh public melalui tahapan yang berjenjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*