Nilai Transaksi Pasar Tradisional di Malang Rp 5 T

TEMPO.CO, Malang – Perputaran uang di 33 pasar tradisional di Kabupaten Malang, Jawa Timur, mencapai hampir Rp 5 triliun pada 2012. Kegiatan ekonomi di pasar-pasar tradisional itu melibatkan 18.678 pedagang yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Ppasar tradisional 3asar Kabupaten Malang (P3KM). Menurut Ketua P3KM Hadi Mustofa, nilai transaksi di 33 pasar tradisional tersebut melebihi nilai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Malang 2013, yakni dari Rp 2,3 triliun. “Itu belum termasuk pendapatan dari sekitar 103 pasar tradisional di tingkat desa yang dikelola pemerintah desa setempat,” kata Hadi kepada Tempo, Kamis pagi, 14 Februari 2013.

Hadi menjelaskan enam pasar yang menghasilkan pendapatan terbesar, yakni Pasar Lawang, Gondanglegi, Singosari, Tumpang, Kepanjen, dan Dampit. Omzet harian Pasar Lawang sekitar Rp 1,6 miliar; Pasar Gondanglegi Rp 1,5 miliar; Pasar Singosari Rp 1,5 triliun; Pasar Tumpang Rp 1 miliar; Pasar Kepanjen sekitar Rp 800 juta, dan Pasar Dampit sekitar Rp 700 juta.

Besarnya nilai transaksi tersebut, kata Hadi, menjadi indikator kuat bahwa keberadaan pasar tradisional masih sangat dibutuhkan konsumen. Namun, besarnya nilai transaksi tidak sebanding dengan kondisi mayoritas pasar. Saat ini hampir 80 persen dari 33 pasar dalam kondisi rusak dan butuh perbaikan segera.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pasar Kabupaten Malang, Abdul Rahman Firdaus, menyatakan anggaran yang minim sangat menyulitkan perbaikan pasar tradisional yang rusak. Perawatan dan perbaikan sekadarnya lebih banyak dilakukan oleh pedagang.

Tahun ini ada anggaran Rp 10 miliar untuk perbaikan tahap kedua Pasar Tumpang dan perbaikan tahap pertama Pasar Sumedang di Kecamatan Kepanjen. Selain itu ada dana kemitraan Rp 1 miliar hasil patungan pemerintah dan pedagang dengan komposisi 70:30 persen. Sekitar Rp 700 juta di antaranya dipakai untuk merawat 16 pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*