Pelatihan Learning Organization Kunci Sukses Perusahaan

learning organizationPerkembangan dan perubahan dunia bisnis yang cepat dan tidak terduga, maka sebuah organisasi agar tetap eksis diharapakan mempunyai kemampuan dalam membaca dan mengenali kondisi –kondisi baru dan segera beradaptasi terhadap perubahan tersebut.  Adapun kunci utama dalam beradaptasi adalah dengan menerapkan organisasi pembelajar atau learning organization.

Adapun learning organization adalah suatu hasil atau suatu keadaan yang dicapai dalam sebuah organisasi tersebut. Learning organization yang sukses menurut Senge (1990) dapat diindikasikan dengan ciri—ciri sebagai berikut:

  1. Proses pembelajaran individu berjalan dengan baik.
  2. Proses knowledge sharing berjalan baik.
  3. Budaya perusahaan mendukung proses dan aktifitas pembelajaran.
  4. Karyawan dimotivasi dan didukung penuh untuk mampu berpikir kritis dan berani mengambil resiko atas inovasi dan ide baru yang dijalankannya.
  5. Organisasi berpandangan bahwa karyawan memiliki kontribusi penting terhadap kemajuan organisasi

Sedangkan ruang lingkup dari learning organization meliputi adanya perkembangan yang berkelanjutan dan penyesuaian terhadap perubahan yang ada dan mampu menciptakan tujuan dan/atau pendekatan yang baru. Pembelajaran ini harus menyatu pada cara organisasi menjalankan kegiatannya. Sehingga akan mengembangkan kualitas produk dan jasa yang dihasilkan.

II.    Maksud
Materi yang berhubungan dengan peningkatan lingkungan kerja yang lebih tanggap terhadap situasi, adaptif, inovatif dan efisien sehingga mampu meningkatkan kinerja dan semakin memperkuat posisi organisasi.

III.    Tujuan
Adapun tujuan dari kegiatan ini peserta diharapkan mampu:
1.    Menciptakan iklim organisasi dengan menghasilkan suasana pembelajar
2.    Mendorong adanya interaksi dengan di dalam dan di luar organisasi
3.    Meningkatkan kreatifitas dan teknik dalam pemecahan masalah dalam organisasi

IV.    Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*