Pelatihan Pembuatan Komik

Pelatihan Pembuatan Komik | Pelatihan Ekonomi Kreatif

Komik merupakan suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Biasanya komik dickomik rqamadhanetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks dan gambar. Adapun komik pertama muncul sejak tahun 1896 dengan judul The Yelloy Kid dengan pengarangnya bernama Richard Felton Outcault dan mulai saat itu komikpun semakin berkembang hingga saat ini.Banyak komik yang begitu menarik untuk dibaca. Diperlukan keahlian dan daya imajinasi pengarang komik sehingga membuat para pembacanya terlarut dalam cerita yang dibuatnya. Menyukai

komik sama dengan menumbuhkan minat baca. Untuk orang yang tidak gemar membaca bisa memulai memupuk minat baca dengan membaca komik.

Karena komik mempunyai tulisan yang sedikit dan terdapat banyak gambarnya. Biasanya minat baca di komik akan meningkat, lalu kemudian menumbuhkan keinginan membaca yang lain. Selain menumbuhkan minat baca, dengan membaca komik seseorang dapat berimajinasi, tertawa, dan lain sebagainya. Adanya unsur penyajian komik yang didominasi oleh unsur visual dan cerita yang kuat menjadikan komik memiliki kelebihan dibandingkan buku yang lain. Ekspresi gambar dan cerita yang membuat banyak anak tertarik untuk membaca komik dan inilah yang menjadi nilai jual komik. Oleh karena itu, telah disusun pelatihan Pembuatan Komik selama 6 hari dengan ruang lingkup materi meliputi: Pengantar Seni Komik, Jenis –  jenis Komik, Menggambar Sketsa Tubuh, Teknik Menggambar Objek, Teknik Mewarnai, Membuat Judul dan Jalan Cerita, Pembuatan Dialog, Pemilihan Bingkai, Pemilihan Citra, Pengecekkan dan Penyelesaian Komik.

Jadwal Pelatihan Pembuatan Komik 2015

Angkatan VII, 23-28 Februari 2015
Angkatan VIII, 23-28 Maret 2015
Angkatan IX, 25=30 Mei 2015
Angkatan X, 22-27 Juni 2015
Angkatan XI, 14-19 September 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*