Pelatihan Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Bagi Aparatur Bappeda

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) adalah dokumen perencanaan pemerintah daerah untuk jangka waktu 5 tahun yang didalamnya memuat penjabaran dari visi, misi, dan program Kepala Daerah. Di sisi lain, penyusunan RPJMD harus memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan RPJM Nasional. Lebih lanjut, Undang Undang No 25 Tahun 2004 menetapkan bahwa Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Daerah merupakan bagian integral dari dokumen perencanaan pembangunan daerah.

Dokumen-dokumen perencanaan pembangunan daerah yang dimaksud adalah RPJPD, RPJMD, dan Rencana Pembangunan Tahunan atau disebut Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Kesulitan yang muncul dalam penyusunan RPJMD adalah dalam hal mengkaitkan berbagai dokumen pembangunan serta menentukan tolok ukur keberhasilan pembangunan daerah tersebut. Untuk itu, diperlukan suatu pelatihan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

Dalam rangka membantu penyusunan dokumen RPJMD maka telah disusun pelatihan Penyusunan RPJMD yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan staf pemerintah daerah dalam menyusun dokumen pembangunan (RPJMD) dan mampu menentukan tolok ukur keberhasilan pembangunan daerahnya melalui pemahaman dokumen RPJMD. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari yang terbagi pada 3 gelombang yaitu pada 27—28 November 2013, 4-5 Desember 2013 dan 11-12 Februari 2014 dengan materi meliputi: Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Daerah; Proses Penyusunan Pembangunan Daerah Jangka Menengah, Teknik pengumpulan data untuk RPJMD; Analisis teknik kuantitatif untuk RPJMD dan Analisis SWOT; Perumusan kebijakan, strategi dan program pembangunan, keterkaitan program; Menentukan Indikator kinerja dalam perencanaan pembangunan daerah, Perumusan indikator sebagai bagian tolok ukur kinerja RPJMD; dan Kerja kelompok penyusunan RPJMD dan kunjungan lapangan (studi banding). Selain itu  untuk mendukung program ini peserta diharapkan membawa dokumen perencanaan lain (RTRW, Renstra SKPD dan data sektoral lainnya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*