Pelatihan Penyusunan Statistik Pasar Tradisional

penyusunan statistik pasar tradisionalPembangunan pasar modern yang semakin pesat berdampak pada keberadaan pasar tradisional. Di satu sisi, pasar modern dikelola secara profesional dengan fasilitas yang serba lengkap sedang di sisi lain, pasar tradisional masih berkutat dengan  permasalahan klasik seputar pengelolaan yang kurang profesional dan ketidaknyamanan berbelanja. Pasar modern dan tradisional bersaing dalam pasar yang sama, yaitu pasar ritel. Hampir semua produk yang dijual di pasar tradisional seluruhnya dapat ditemui di pasar modern. Semenjak kehadiran pasar modern, pasar tradisional di kota  disinyalir merasakan penurunan pendapatan dan keuntungan yang drastis.

Adanya anggapan bahwa keberadaan pasar modern sebagai penyebab  utama tersingkirnya pasar tradisional tidak seluruhnya benar. Hampir seluruh pasar tradisional di Indonesia masih berkutat dengan masalah internal pasar seperti buruknya manajemen pasar, sarana dan prasarana pasar yang sangat minim, pasar tradisional sebagai sapi perah untuk penerimaan retribusi1 menjamurnya pedagang kaki lima (PKL) yang mengurangi pelanggan pedagang pasar, dan minimnya bantuan permodalan yang tersedia bagi pedagang tradisional. Keadaan ini secara tidak langsung menguntungkan pasar modern.

Sebagai upaya dalam pengembangan pasar tradisional maka perlu adanya kajian ataupun statistik terkait dengan jumlah kunjungan, jenis dan model pasar, karakteristik pedagang, serta kualitas layanan pengelola pasar tradisional sebagai bahan acuan dalam pengembangan pasar tradisional. Oleh karena itu telah disusun pelatihan penyusunan statistik pasar tradicional selama 2 hari pada 22—23 November 2013 dengan ruang lingkup materi meliputi: Konsep Riset Pada Pasar Tradisional; Merencanakan Desain dan Metodologi Penelitian; Qualitative dan Quantitative Research; Sampling and interviewing; Questionnaire Design; Pengolahan Data dan Workshop Penyusunan Statistik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*