Pelatihan Persiapan Pensiun/Purnatugas/Purnakarya

persiapan pensiunSebagian karyawan yang telah berusia menjelang 50 tahun memiliki potensi untuk menurun produktifitas bekerja. Adapun beberapa penyebabnya adalah kemampuan fisik dan kondisi kesehatan yang menurun, adanya kekhawatiran pada masa menjelang pensiun, belum cukup persiapan dan lain sebagainya.  Berdasarkan penelitian selama ini, kondisi yang terberat yang akan dialamai oleh mereka yang memasuki masa pensiun adalah kondisi mental (post power syndrome). Bagi para pekerja di bidang kehutanan, ritme kerja yang memerlukan tenaga dan pikiran yang ekstra tentunya membutuhkan penyesuaian perencanaan pada saat purna tugas nantinya. Kebiasaan menerima penghasilan yang besar tentunya dapat diatur sebagai modal atau bekal pada saat purna tugas. Kondisi yang tidak dipersiapkan dengan baik sebelum memasuki masa purna bakti akan menjadi penyebab bagi munculnya gangguan‐gangguan lain dari mulai gangguan kesehatan sampai dengan gangguan psikologis baik ringan maupun berat.  Ditambah lagi dengan memikirkan dan mempersiapkan kehidupan karyawannya sehingga memasuki masa purna bakti merupakan perusahaan yang peduli akan masa depan karyawan. Itulah sebabnya pembekalan bagi mereka yang akan memasuki masa purna bakti merupakan hal yang mutlak dan perlu. Sekalipun uang yang akan diberikan cukup untuk hari tua mereka, namun jika tidak dibarengi dengan pembekalan yang memadai justru akan menghambat upaya mereka dalam mengelola keuangan mereka dengan baik.

Salah satu yang perlu ditekankan kepada calon pensiunan adalah, masa pensiun bukanlah akhir dari segala-galanya sehingga tidak melakukan aktifitas seperti sedia kala. Akan tetapi, dengan pensiun diharapkan calon pensiunan diharapkan dapat menciptakan aktifitas yang bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun lingkungan, utamanya jika dapat menciptakan alternatif pendapatan. Untuk menyiapkan hal tersebut, dibutuhkan berbagai bekal pengetahuan maupun keterampilan termasuk di dalamnya  pengetahuan berbagai tren usaha yang berkembang serta perencanan pengelolaan keuangan.Bertolak dari hal tersebut di atas, maka telah disusun desain materi yang menekankan materi pada penyiapan diri dalam menghadapai masa purna karya. Materi menekankan pada psikologi usia lanjut, pengetahuan kesehatan usia lanjut, kewirausahana serta alternatif usaha yang prospektus. Adapun tujuan pelatihan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta pelatihan agar mampu mempersiapkan pensiun dengan persiapan lebih dini. Diharapkan nantinya peserta dapat mempersiapkan pensiun termasuk di dalamnya penyiapan aspek psikologis maupun kegiatan yang akan dilakukan pada masa purna karya.

Dari pelatihan ini peserta diharapkan mampu :

  1. Menyiapkan aspek psikologis termasuk mengatasi ketegangan dan kecemasan yang mungkin dihadapi;
  2. Mengembangkan entrepreneurship sebagai salah satu alternatif kegiatan setelah purna karya;
  3. Merencanakan dan mengelola dana pensiun dengan tepat;
  4. Menyiapkan dan merencanakan berbagai aspek dalam menghadapi masa purna karya.

Untuk Informasi Pelatihan Persiapan Pensiun/Purnatugas/Purnakarya dapat menghubungi  Email: kiranajasa@gmail.com Hotline 0274-7409042 Faks 0274-8576080 HP/SMS 08157935588 PIN 26AB7CF6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*