Persiapan Pensiun bagi yang Dananya Cekak

Pelatihan Persiapan Pensiun Pelatihan Purnabakti Pelatihan Purnakarya dapat diakses disini -Bagi orang-orang yang saat ini memiliki dana cukup atau berlebih tentu tidak terlalu pusing dalam menyiapkan rencana masa pensiun idealnya. Meskipun rencana seringkali berbeda dengan kenyataan, tapi paling tidak kelompok orang-orang ini relatif lebih tenang dibandingkan orang-orang yang dananya terbatas. Boro-boro menyiapkan rencana pensiun memikirkan kebutuhan sehari-hari saja sudah repot. Seperti sama kita ketahui banyak sekali tawaran jasa bagi ‘orang-orang berduit’ yang mau mempersiapkan rencana keuangan dan kehidupan masa pensiunnya. Banyak sekali pilihan yang bisa di dapat baik dari seminar, pelatihan, buku-buku, para perencana keuangan maupun penelusuran info lewat google. Berbagai pilihan investasi dari mulai deposito, logam mulia, dolar sampai euro.

Begitu pula dengan pilihan berbisnis dari mulai bercocok tanam, berternak, budi daya ikan air tawar, main saham, bikin kontrakan, buka bengkel, ikut franchise dan lain sebagainya. Semuanya tinggal disesuaikan dengan passion dan pilihan hati saja.Lalu bagaimana dengan orang-orang yang dananya terbatas, adakah yang mau memberikan tips atau jurus ampuh yang bisa mereka pergunakan dikala memasuki masa pensiun nanti. Disaat seluruh kemampuan fisik maupun psikis sudah menurun. Saya tidak tahu apakah tulisan ini berguna dan ada manfaatnya buat mereka, tapi paling tidak inilah upaya yang coba saya tawarkan kepada orang-orang yang saat ini memiliki dana terbatas dalam menghadapi masa pensiunnya nanti. Satu hal yang perlu diingat bahwa tidak ada yang berani memastikan bahwa yang saat ini memiliki dana cukup dan pengetahuan yang mumpuni bisa lebih baik masa pensiunnya dari orang-orang yang saat ini dana dan kemampuannya terbatas.

Semuanya serba mungkin terjadi di dunia dualitas ini. Banyak sekali peristiwa acak yang mempengaruhi hidup manusia. Kita tidak bisa mengontrol dan mengendalikan hal-hal besar yang sering terjadi diluar jangkauan kita. Namun masih banyak hal-hal kecil yang bisa kita kendalikan yang akan menentukan siapa kita dan jadi apa kita nanti.Bagi anda yang dananya terbatas tidak perlu terlalu risau memikirkan masa pensiun anda nanti. Yang lebih penting adalah bagaimana anda bisa lebih baik dari hari ke hari dan bagaimana anda bisa bermanfaat bagi alam dan sesama. Jika anda mencukupkan kebermanfaatan anda bagi sesama dan alam semesta saya yakin Pemilik Alam Semesta beserta seluruh isinya ini akan menjamin rezeki anda di masa pensiun nanti.

Lakukanlah hal-hal sederhana seperti: Menghargai pasangan, hormat kepada orang tua dan atasan, peduli pada tetangga dan lingkungan sekitar, hidup penuh cinta dan kasih sayang terhadap sesama, menjaga keselarasan alam, menjaga kebersihan lingkungan, taat beribadah adalah segelintir hal sederhana dan masih banyak lagi yang bisa memelihara masa tua kita. Meng-aman-kan kita dikehidupan masa pensiun nanti. Tak perlu terlalu di pikirkan jalani saja kehidupan kita sekarang dan terus berupaya untuk mencukupkan kemanfaatan kita terhadap sesama dan alam semesta. Saya orang bijak palsu menulis untuk menasehatkan diri sendiri. Jika ada yang merasa bermanfaat pasti itu karena dirinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*