Program CSR Djarum melalui Djarum Foundation Bakti Pada Negeri

Dimulai dari kampung halaman kami di Kudus, pada tahun 1979, kami telah mengelola usaha pelestarian lingkungan, menciptakan keteduhan, melestarikan ekosistem lokal, mencegah erosi tanah dan untuk membantu resapan air. Ribuan jenis tanaman peneduh telah ditanam, dan usaha tersebut berkembang luas juga menjangkau sebagian besar wilayah pulau Jawa bagian tengah.
Selama tahun 2010, melalui program Djarum Trees For Life, kami telah berhasil menyelesaikan penanaman tahap pertama yaitu sebanyak 2.767 pohon Trembesi di sepanjang jalur Kudus-Semarang. Sementara pada tahun 2011, penanaman dilanjutkan sebanyak 7.300 pohon Trembesi di sepanjang turus jalan Semarang-Losari.

Rangkaian ini merupakan kegiatan Djarum Trees For Life dalam menanam pohon Trembesi di sepanjang 478 km jalur Pantura Jawa Tengah hingga tahun 2014, dimulai dari Losari di perbatasan Jawa Barat hingga Bulu di perbatasan Jawa Timur. Sehingga nantinya, pohon Trembesi yang ditanam dan dirawat di sepanjang jalur ini akan mampu menyerap 685 juta kg gas CO2 setiap tahunnya.

Selain itu, pada tahun 2010 lalu, kami telah melakukan kerjasama dengan Korem 061 Surya Kancana, Bogor dalam penanaman 500.000 pohon Trembesi di Jawa Barat, diantaranya dilakukan di Pondok Pesantren Darul Uluum di Cigombong Bogor, Pondok Pesantren Azzainiyyah Selabintana Sukabumi & Pondok Pesantren Al-Itihad Cianjur.

Pohon Trembesi atau dikenal dengan pohon Hujan atau Ki Hujan adalah pohon berkanopi seperti payung yang memiliki ukuran daun yang tak lebih dari koin Rp. 100, namun paling unggul dalam menyerap gas CO2. Satu batang pohon Trembesi mampu menyerap 28,5 ton gas CO2 setiap tahunnya (diameter tajuk 15m). Selain itu pohon Trembesi juga mampu menurunkan konsentrasi gas secara efektif, tanaman penghijauan dan memiliki kemampuan menyerap air tanah yang kuat.

Sebagai salah satu bukti nyata manfaatnya, masyarakat gunung Muria kini telah merasakan melambatnya masalah erosi dan banjir di sekitar gunung Muria. Upaya tersebut merupakan hasil positif yang telah dilakukan sejak tahun 2001. Selain itu, kami juga membagikan bibit pohon mangga harum manis kepada penduduk secara cuma-cuma. Penanaman pohon buah ini digalakkan untuk membantu masyarakat lokal secara ekonomi, untuk menghasilkan pendapatan tambahan.

Guna menjamin kesinambungan kegiatan pelestarian lingkungan hidup dalam lingkungan global, salah satu usaha yang kami lakukan adalah mendirikan Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) termasuk tanaman langka yang dikelola secara intensif. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian alam, yang diharapkan dengan upaya pembibitan tanaman langka ini, Djarum Trees For Life dapat turut menjadi bagian dalam usaha mencegah dan mempertahankan kelestarian tanaman langka agar terjaga dari kepunahan. sumber: djarumfoundation.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*