RIPPDA/RIPARDA :DIY Menetapkan beberapa 12 Kawasan Strategis Dalam RIPPDA/RIPARDA (Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)

RIPPDA/RIPARDA Konsultan Pariwisata- Pariwisata DIY sebagai salah satu lokomotif pembangunan daerah perlu mendapatkan perhatian khusus karena bagaimanapun pengembangan sektor kepariwisataan sebagai urat nadi pembangunan daerah menjadi bagian yang penting dan tidak dapat dipisahkan. Hal ini termaktub dalam Peraturan daerah (PERDA) Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Propinsi Daerah ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2012 – 2025 dimana DIY Menetapkan beberapa 12 Kawasan Strategis Dalam RIPPDA/RIPARDA.

Diharapkan dengan ditetapkannya kawasan strategis tersebut tercapai visi Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2025 sebagai Pusat Pendidikan, Budaya dan Daerah Tujuan Wisata Terkemuka di Asia Tenggara dalam lingkungan Masyarakat yang Maju, Mandiri dan Sejahtera tercapai. Disisi lain untuk mendukung mendukung visi DIY, ditetapkan pula visi pariwisata yaitu Terwujudnya Yogyakarta sebagai Destinasi Pariwisata berbasis budaya terkemuka di Asia Tenggara, berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, mampu mendorong pembangunan Daerah untuk kesejahteraan masyarakat.

Namun demikian untuk mewujudkan visi tersebut perlu kerja keras serta sinergitas antar stakeholder pariwisata termasuk didalamnya pelaku pariwisata dari hotel (PHRI), Biro Perjalanan Wisata (BPW-ASITA), Pramuwisata (HPI), Public Relations (KAPUREL) serta unsur-unsur lainnya termasuk pemerintah Kabupaten/Kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*