Rp 2 Triliun Benahi Pasar Tradisional

Kondisi 60 persen dari 153 pasar tradisional di Jakarta buruk. Menjadikan pasar tersebut lebih tertata, Wakil Gubernur Ahok akan menyuntik modal ke PD Pasar Jaya senilai Rp2 triliun. “Pasar tradisional harus segera berbenah, sehingga mampu bersaing dengan swasta. Memang, PD Pasar Jaya tekendala dana, karena itu tahun depan kami upayakan bantuan modal hingga Rp2 triliun,” kata Ahok, kemarin. Menurut mantan Bupati Belitung Timur ini, pembenahan pasar tradisional milik pemprov mutlak harus dilakukan. “Kalau kumuh seperti sekarang tentu warga ogah berbelanja di pasar tradisional. Jadi memang harus dibangun secara moeren dan lengkap,” sambungnya.

SUPER BLOK

Meningkatkan daya saing pasar tradisional, kata Ahok, pemprov akan mendorong PD Pasar Jaya sebagai BUMD untuk mendapat Penyertaan Modal Pemerintah (PMP). “Kami akan dorong agar dewan mau menyuntikkan modal tambahan ke PD Pasar Jaya hingga Rp2 triliun untuk pengembangan pasar tradisional,” tegasnya.

Modal tersebut nantinya digunakan untuk pembangunan pasar tradisional superblok yang diintegrasikan dengan permukiman warga. “Kita bangun superblok, tapi bukan mal. Kita bikin rusun di bawahnya pasar-pasar,” tandasnya.

Selamat Nurdin, ketua Komisi B DPRD, mendukung program pembenahan pasar tradisional. “Tapi kami minta manajemennya harus lebih profesional,” ucapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*