Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Merancang Busana (download disini)

catwalk fashionPelatihan Ekonomi Kreatif | SKKNI Merancang Busana-Salah satu strategi pembangunan pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam penjelasan atas UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas adalah pengembangan dan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi, salah satu prasyarat untuk menyusun kurikulum berbasis kompetensi yaitu tersusunnya Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia. Dalam konteks tersebut diatas Konsorsium Merancang Mode Busana pada Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah, Departemen Pendidikan Nasional bersama stakeholder terkait menyusun Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Merancang Mode Busana.


Merancang Mode Busana merupakan keahlian yang mempunyai lapangan kerja yang cukup bervariasi. Diantara lapangan pekerjaan tersebut dapat membuka usaha sendiri berupa rumah mode, bekerja pada orang lain di rumah mode dan butik atau bekerja sebagai ilustrator, stylist di industri garmen, dan dapat pula sebagai desainer lepas (free lance) pada berbagai usaha terkait.

Dengan disusunnya dan diberlakukannya Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia ini, maka lembaga pendidikan Merancang Mode Busana dapat menggunakannya sebagai rujukan untuk menghasilkan perancang Mode Busana yang profesional, bermutu, dan berdaya saing. Penyusunan kompetensi baku sektor jasa kemasyarakatan dan perorangan sub sektor jasa lainnya bertujuan mengembangkan sumber daya manusia yang khusus bergerak di bidang pelayanan jasa Merancang Mode Busana sehingga mampu memenuhi keperluan masyarakat, yaitu

SKKNIĀ  MERANCANG BUSANA DOWNLOAD DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*