Studi Potensi Kampung Wisata Kota Yogyakarta

Kampung wisata dewabrongtoYogyakarta adalah salah satu destinasi tujuan wisata utama di tanah air. Banyak wisatawan yang berkunjung untuk berwisata di kota yang mendapatkan julukan Kota Budaya ini. Berbagai daya tarik wisata mejadi pilihan bagi wisatawan. Selain daya tarik wisata yang sela ini telah ada seperti kraton, Borobudur, Prambanan, Yogyakarta berupaya untuk mengembangkan alternatif daya tarik wisata lain. Salah satunya yang saat ini sedang didorong adalah Kampung Wisata.

Di Kota Yogyakarta saat ini tengah dikembangakan kampung wisata yang diharapkan dapat menerima kunjungan  wisata. Terkait dengan hal tersebut Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Yogyakarta bersama dengan PT Kirana Adhirajasa Indonesia melakukan studi kampung wisata Kota Yogyakarta.

Kunjungan wisatawan di Kampung Wisata Dinpowinatan  foto: antara

Kunjungan wisatawan di Kampung Wisata Dinpowinatan foto: antara

Kajian ini kami harapkan dapat sebagai pedoman dalam mengembangkan potensi kampung wisata di Koa Yogyakarta baik yang berkatergori mantab, kategori, berkembang dan kategori rintisan. Keunikan dan fenomena keberadaan kampung wisata tersebut memiliki daya tarik tersendiri dan mulai banyak masyarakat yang tertarik untuk mengunjungi.

Kampung wisata di Kota Yogyakarta masih kental dengan aneka ragam budaya tradisi masyarakat yang layak dipertahankan. Dengan fakta tersebut maka keberadaan kampung di Kota Yogyakarta dimasa  mendatang diyakini dapat dijadikan sebuah daya tarik wisata melalui berbagai upaya cipta kondisi dan bahkan dapat menjadi ikon baru sebagai daya tarik wisata Kota Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*