Teknik Komunikasi Masyarakat dan Analisis Kebutuhan CSR

Konsep program CSR secara umum adalah kepedulian perusahaan yang menyisihkan sebagian keuntungannya (profit) bagi kepentingan pembangunan manusia (people) dan lingkungan (planet) secara berkelanjutan berdasarkan prosedur yang tepat dan profesional. Dalam menjalankan aktivitas CSR, tidak ada standar atau praktik tertentu yang dianggap terbaik. Setiap perusahaan memiliki karakteristik dan situasi unik yang berpengaruh terhadap bagaimana mereka memandang tanggung jawab sosial.

Implemantasi CSR yang dilakukan oleh masing-masing perusahaan sangat bergantung kepada misi, budaya, lingkungan dan profil risiko, serta kondisi operasional masing-masing perusahaan. Aktivitas CSR perlu diintegrasikan dengan pengambilan keputusan inti, strategi, aktivitas, dan proses manajemen perusahaan. Meskipun tidak terdapat standar atau praktik-praktik tertentu yang dianggap terbaik dalam pelaksanaan aktivitas CSR, namun kerangka kerja (framework) yang luas dalam pengimplementasian CSR masih dapat dirumuskan, didasarkan pada pengalaman dan pengetahuan dalam bidang-bidang seperti manajemen lingkungan.

Kerangka kerja ini mengikuti model “plan, do, check, dan improve” dan dapat disesuaikan dengan kondisi perusahaan. Oleh karena itu, agar program lebih mengena dan dekenal pada masyarakat diperlukan teknik komunikasi masyarakat dan análisis kebutuhan program CSR.

Maksud
Memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi peserta dalam melakukan analisis kebutuhan CSR dan menggunakan teknik komunikasi dalam masyarakat.
Tujuan
•    Mengetahui teknik berkomunikasi dengan masyarakat
•    Análisis kebutuhan program pengembangan CSR
•    Memberdayakan stakeholder
Materi
•    Pengantar: Media Komunikasi Dalam Pengembagan Program CSR
•    Keterampilan Berkomunikasi Massal
•    Analisis Program Pengembangan CSR
•    Tahapan Penyusunan Program CSR
•    Pelaksanaan Sosialisasi dan Komunikasi
•    Evaluasi Program CSR
•    Penerapan Prinsip Aktivitas Program CSR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*