Tiga Perusahaan Pertambangan sampaikan Presentasi Program CSR Tahun 2012

Program CSR Perusahaan. Bertempat di Lantai tiga Kantor Bupati Kutai Barat, dari sekian banyak perusahaan yang berinfestasi disektor pertambangan baru tiga perusahaan yang menyampaikan rencana kegiatan program Corporate Social Responsibility nya untuk Tahun 2012. Ketiga perusahaan tersebut adalah PT. Gunung Bayan Pratamacoal, PT. Trubaindo Coal Mining dan PT. Barinto Ekatama.
csr kutai kartanegaraPT. Gunung Bayan Pratamacoal melalui penyajinya Andy Maynascova mengatakan bahwa  CSR BUKAN SUMBANGAN  artinya Bukan memberikan “porsi masakan“ siap saji yang habis dalam sekejap lalu mati kelaparan, akan tetapi merupakan Upaya untuk Tuntun-Ajar, cara mengayunkan cangkul, meratakan tanah, agar dapat ditanami “padi “ yang tidak pernah habis selamanya. Pernyataan ini disambut baik oleh segenap hadirin yang hadir pada acara tersebut dengan memberikan aplaus. Pada kesempatan tersebut Andy juga menyampaikan alokasi dana untuk program CSR tahun 2012 sebesar Rp. 4.144.120.000,- yang terbagi ke beberapa kegiatan antara lain Bidang SDM sebesar Rp. 1.459.120.000, Infrastruktur sebesar Rp. 400.000.000, dan Bidang Ekonomi Kerakyatan sebesar Rp. 1.945.000.000.

Pada kesempatan itu pula Project Manager PT. Gunung Bayan Pratamacoal Tbk site 2 Tai Kok Meng menyerahkan bantuan kepada Ketua Sekretariat Forum CSR Kutai Barat Ir. Kornelis Yan Sinyal secara simbolis yang disaksikan oleh perwakilan dari SKPD dan perwakilan dari Perusahaan serta Ketua Badan Pelaksana Forum CSR Kutai Barat H. Didik Effendi (Wakil Bupati Kutai Barat) beserta Anggota DPRD Kutai Barat, berupa meubelair dan dana operasional untuk sekretariat CSR sebagai bentuk perwujudan komitmen perusahaan untuk membangun kebersamaan melalui Forum CSR Kutai Barat, dan hal serupa akan ditindaklanjuti oleh perusahaan lainnya diwaktu mendatang.

PT. Trubaindo Coal Mining melalui penyajinya Herlando Sianipar dalam presentasinya menyampaikan alokasi dana CSR perusahaan tersebut untuk tahun 2012 :

Rencana biaya Bidang Pemberdayaan masyarakat  Rp 3,6 M, rencana biaya Bidang Pengembangan Infrastruktur Rp 825.000.000,- dan  rencana bidang Hubungan Komunitas Rp 450,000.000,-.

Kemudian presentasi berikutnya dilanjutkan oleh PT. Barinto Ekatama dengan penyajinya Dindin Makinudin melalui presentasinya menyampaikan Visi Community Development Perusahaannya yaitu : Menjadi perusahaan yang menjalankan tanggungjawab sosial dengan baik melalui  pemberdayaan  masyarakat  dan kerjasama multi stakeholder dalam upaya menciptakan program berkelanjutan untuk kemandirian masyarakat. Dindin juga menyampaikan rincian dana CSR untuk tahun 2012 yang terbagi ke beberapa bidang , dan melakukan hal serupa sebagaimana yang dilakukan oleh PT. Gunung Bayan Pratamacoal untuk berpartisifasi memperkuat kelembagaan Forum CSR Kutai Barat yang berkelanjutan.

Sumber :Bidang Penelitian, Pendataan dan Kerjasama Pembangunan Bappeda Kutai Barat Tahun 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*