Jasa Event Organizer

Jasa Event Organizer

Pulihnya pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar akhir-akhir ini karena angka penyelenggaraan acara skala besar maupun kecil saat ini sangat meningkat. Acara-acara yang melibatkan banyak orang biasanya di-handle oleh EO yang merupakan kepanjangan dari Event Organizer, dalam bahasa Indonesia berarti penyelenggara acara. Event Organizer merupakan penyelenggara atau penyedia jasa profesional yang bertanggung jawab mengatur keberlangsungan suatu acara agar berjalan secara efektif dan efisien. Semakin kompleks sebuah acara maka personil yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan acara juga akan semakin banyak dalam event organizer.

Klien menjadi kunci dalam kegiatan event organizer karena tujuan dari kegiatan ini adalah menyukseskan acara sesuai yang diharapkan oleh klien. Event organizer bertanggung jawab menyusun acara dari sisi kreatif dan efisien namun tidak mengorbankan kualitas acara yang diselenggarakan. Kegiatan yang diselenggarakan oleh EO dilakukan untuk memperoleh keuntungan dari dua belah pihak, tidak harus berupa keuntungan material, namun juga dapat berupa keuntungan non-material. Event organizer harus mampu menjadi penyedia solusi bisnis untuk klien, mendukung serta memberikan keputusan terbaik bagi jalannya suatu acara.

Jasa event organizer menjadi salah satu jenis jasa dengan peminat yang tinggi untuk  saat ini. Terlebih karena lingkup event organizer yang sangat luas (bisa menghandle berbagai jenis acara). Event organizer memiliki timeline dalam menyelenggarakan suatu acara, diantaranya mulai dari penyusunan konsep acara, penyusunan teknis acara, rencana anggaran, pembagian tugas dan teknis pelaksanaan acara, persiapan acara (briefing), pelaksanaan acara, evaluasi pelaksanaan acara. Bagi penyedia jasa, sangat penting untuk melakukan evaluasi setelah menyelenggarakan suatu acara. Hal ini dilakukan untuk menemukan permasalahan-permasalahan yang muncul dan mencari solusi terbaik sehingga dapat dijadikan pelajaran pada event selanjutnya sehingga dapat berjalan lebih optimal.

Dibutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik karena event organizer bersinggungan dengan banyak klien yang terlibat dalam suatu acara. Selain itu juga diperlukan kemampuan marketing, kesekretariatan dan administrasi, kemampuan dalam budgeting, serta teknis dalam penyelenggaraan acara itu sendiri. Diperlukan skill yang mumpuni dan memiliki sense serta feeling yang peka terhadap potensi permasalahan sehingga dapat membuat solusi di saat-saat genting. Pengalaman dan jam terbang juga sangat mempengaruhi performa event organizer, semakin terlatih dan dapat menghandle banyak klien maka reputasi dan citra suatu EO akan baik.

Baca juga : Mengetahui Lebih Jauh Tentang Event Organizer

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan/training, anda dapat menghubungi admin (0812-3299-9470).

Add a Comment

Your email address will not be published.