Penyelenggaraan MICE

Penyelenggaraan MICE

Kegiatan pertemuan, insentif, konferensi, dan pameran atau MICE diyakini mampu mendorong wisatawan dan aktifnya kegiatan pariwisata di Indonesia pasca pandemi Covid-19. Ruang untuk bisa mengakomodasi penyelenggaraan MICE perlu diperbanyak sehingga Indonesia bisa menangkap peluang MICE dari skala kecil sampai besar. Penyelenggara pertemuan, perjalanan, insentif, konferensi, dan pameran berisikan orang-orang yang bersama-sama melakukan kegiatan demi tercapainya tujuan tertentu. Dalam penyelenggaraan MICE, peran stakeholder sangat diperlukan karena sebagai pemangku kepentingan dalam suatu bisnis atau perusahaan.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk penyelenggaraan pertemuan, perjalanan, insentif, konferensi, dan pameran (MICE) diantaranya yaitu;

  • Penetapan lokasi dan ruangan MICE
  • Perlengkapan dan fasilitas MICE
  • Penanganan transportasi
  • Pelayanan makanan dan minuman
  • Akomodasi

Penyelenggara MICE harus cerdik dalam menawarkan nilai yang dapat menjadi keunggulan bagi kliennya, diperlukan kreativitas untuk mengemas event agar menarik, perlu menawarkan database untuk memperluas jaringan bisnis, serta public relation untuk menawarkan promosi, pengelolaan media sosial, serta melakukan media monitoring atau media massa. Selain itu nilai tambahan dapat disesuaikan lagi dengan bidang dan keahlian dari perusahaan atau bisnis masing-masing. Diperlukan pengetahuan, pengalaman, serta keahlian yang mumpuni sebagai penyelenggara pertemuan, perjalanan, insentif, konferensi dan pameran.

Mengapa MICE Penting?

Industri MICE memiliki dampak yang signifikan pada ekonomi global dan lokal:

1. Peningkatan Pariwisata: Acara MICE menarik banyak peserta dari luar kota atau negara, yang berkontribusi pada pertumbuhan pariwisata. Ini mencakup penginapan, restoran, transportasi, dan belanja, yang semuanya berdampak positif pada ekonomi setempat.

2. Peluang Bisnis: MICE adalah kesempatan bagi perusahaan untuk memamerkan produk atau layanan mereka dan menjalin hubungan bisnis baru. Ini dapat menghasilkan kemitraan dan kesepakatan yang menguntungkan.

3. Pertumbuhan Karir: Industri MICE menciptakan banyak peluang pekerjaan dalam berbagai peran, seperti perencana acara, manajer konvensi, pemasaran, dan lebih banyak lagi. Ini juga menciptakan peluang untuk pertumbuhan karir dan pengembangan keterampilan.

4. Pertukaran Pengetahuan: Konferensi dan konvensi MICE adalah tempat di mana profesional dapat berbagi pengetahuan terbaru dalam industri mereka, mempromosikan penelitian, dan memahami tren baru.

5. Dampak Ekonomi: MICE bisa memiliki dampak ekonomi jangka panjang yang signifikan pada destinasi yang menjadi tuan rumah acara tersebut. Pendapatan yang dihasilkan dari MICE bisa digunakan untuk investasi dalam infrastruktur dan pengembangan pariwisata lokal.

Baca juga : Apa Itu MICE?

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan kami, anda dapat menghubungi Admin kami di nomor (0812-3299-9470).

Add a Comment

Your email address will not be published.