Penyelenggara Pertemuan, Perjalanan, Insentif, Konferensi, dan Pameran

Penyelenggara Pertemuan, Perjalanan, Insentif, Konferensi, dan Pameran

Pertemuan, perjalanan, insentif, konferensi, dan pameran dalam dunia kepariwisataan dikenal dengan istilah MICE (Meeting, Incentives, Convention/Conference, Exhibition). Sejauh ini istilah MICE telah menjadi sarana sekaligus produk yang dapat dikategorikan dalam paket-paket wisata kemudian dijual kepada organisasi, perusahaan, badan, lembaga, korporasi, yang akan mengadakan persidangan, pertemuan, konvensi, musyawarah, seminar, lokakarya, dan lainnya dalam skala lokal, regional, maupun internasional. Dalam penyelenggaraan pertemuan, perjalanan, insentif, konferensi, dan pameran, sangat diperlukan stakeholder. Stakeholder yaitu orang maupun instansi yang memiliki kepentingan dengan suatu bisnis atau perusahaan.

Penyelenggara pertemuan, perjalanan, insentif, konferensi, dan pameran yaitu umumnya adalah suatu perkumpulan orang-orang yang berhimpun secara sukarela untuk tujuan tertentu. Bentuk perkumpulannya dapat berupa organisasi pemerintah melalui kantor pariwisata, lalu asosiasi industri dimana masing-masing asosiasi mewakili anggota sektor-sektor khusus (pertemuan/insentif/konferensi/pameran), kemudian asosiasi terakhir yaitu biro konvensi dan biro visitor yaitu seperti hotel, restora, travel agent, dan lainnya yang tujuannya mempromosikan suatu daerah kepada khalayak luas.

Terdapat unsur-unsur dalam menyelenggarakan pertemuan, insentif, konferensi, dan pameran yaitu penentuan lokasi (site), penentuan jadwal/waktu (date), serta penentuan anggaran sementara (budget). Selain itu penyelenggara juga mempunyai ruang lingkup tugas dalam penentuan jenis, target peserta, penyebarluasan informasi dan promosi, penyusunan staf, mekanisme kerja, perizinan, pelaksanaan secara profesional, serta evaluasi. Diperlukan pengalaman serta keahlian sebagai penyelenggara pertemuan, perjalanan, insentif, konferensi dan pameran.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan pertemuan, perjalanan, insentif, konferensi dan pameran, anda dapat menghubungi admin (0812-3299-9470).

Add a Comment

Your email address will not be published.