Event Branding Gudeg Jogja BPOM Yogyakarta

Event Branding Gudeg Jogja BPOM Yogyakarta

Event Organizer JogjaKeamanan pangan dalam makanan siap saji merupakan syarat penting yang harus melekat pada pangan yang hendak dikonsumsi oleh semua masyarakat Indonesia. Gudeg Jogja sebagai pangan yang bermutu dan aman dapat dihasilkan dari dapur rumah tangga maupun dari kuliner.

Salah satu yang dapat dijadikan makanan siap saji adalah gudeg sebagai makanan khas Yogyakarta.  Dalam hal ini gudeg menjadi jenis makanan yang harus memenuhi kriteria keamanan pangan. Oleh karena itu diperlukan pembinaan dari aspek cemaran kimia (bebas bahan berbahaya) dan aspek cemaran biologi (hygiene sanitasi). Dengan adanya kemajuan teknologi seperti saat ini, ekspektasi masyarakat juga makin tinggi, masyarakat berharap semua dapat dipermudah dengan adanya Teknologi Informasi yang lebih user friendly. Oleh karena itu, perlu dikembangkan system jaminan keamanan terhadap produk pangan yang berbasis IT, mulai dari pengajuan, proses sertifikasi, tracking tahapan proses, sampai hasil sertifikasinya dapat dilihat oleh masyarakat melalui IT.

Maksud dilaksanakan kegiatan ini adalah agar keamanan pangan dapat diterapkan oleh pelaku usaha Kuliner Gudeng di Yogyakarta, yang selanjutnya diwujudkan dalam bentuk sertifikasi Laik Sehat dan Piagam Bintang Keamanan Pangan Siap Saji dan bermuara kepada masyarakat yang bias mengetahui secara mudah, kuliner yang aman dan sehat yang pada akhirnya akan mampu menentukan pilihan terbaiknya. Kemampuan memilih secara cerdas, sangat dibutuhkan untuk membangun generasi yang sehat. Di sisi lain akan membuat wisatawan aman dan nyaman yang pada gilirannya akan meningkatkan program pariwisata.

Untuk menuju kuliner yang sehat dan aman serta tersertifikasi perlu dilakukan program pendampingan dengan pembekalan terhadap aspek keamanan pangan dan hal-hal yang mendukung agar mampu berdaya saing.

Melihat hal tersebut, BPOM Yogyakarta bersama Kirana Adhirajasa menyelenggarakan kegiatan yang berjudul “Launching Inovasi Kulinerku Oke dan Branding Gudeg”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 28 September 2019, bertempat di Gedung Prof. Amin Abdullah (Gedung UIN Multipurpouse), diikuti oleh 500 tamu undangan yang berasal dari Badan POM RI, Pemerintah Daerah DIY, SKPD, Akademisi Pertanian, Organisasi Masyarakat dan Profesi, Dunia Usaha, Media Massa dan Masyarakat Umum. Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan  dapat meningkatkan kesadarann masyarakat akan sikap, pengetahuan dan komitmen khususnya pelaku usaha dibidang kuliner untuk mengimplementasikan keamanan pangan serta mampu meningkatkan kemampuan daya saing berusaha. Mra/Abr

Add a Comment

Your email address will not be published.