Event Duta Museum 2017 Dinas Kebudayaan DIY

Event Duta Museum 2017 Dinas Kebudayaan DIY

Event Organizer JogjaMuseum didirikan bertujuan untuk pelestarian warisan budaya, meliputi aspek perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan. Oleh karena itu, salah satu tugas dan fungsi museum yaitu untuk mampu mengkomunikasikan warisan budaya kepada masyarakat luas. Selain itu dapat juga menyampaikan informasi atapaun pengetahuan yang merupakan pesan yang akan disampaikan kepada  calon pengunjung. Pesan tersebut tentunya telah melalui  proses kurasi atau kajian koleksi dengan melakukan intrepretasi melalui proses museulogical context yang dilakukan oleh kurator.

duta-museum-2017

Dalam usaha mengkomunikasikan warisan budaya kepada masyarakat luas, Museum tentunya memiliki petugas yang dapat menjelaskan secara mendetail mengenai objek-objek yang terdapat di dalam museum. Untuk itulah Dinas Kebudayaan DIY, pada tahun 2017 ini kembali menyelenggarakan Pemilihan Duta Museum 2017 dengan tema “Mengkomunikasikan Keberagaman Museum Jogja Istimewa” yang diselenggarakan oleh Kirana Adhirajasa Indonesia sebagai Event Organizer Jogja.

Tema tersebut dipilih karena dinilai dapat dimaknai dengan  keberagaman museum yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta akan semakin berkembang dengan komunikasi yang dilakukan oleh Duta Museum. Melalui kegiatan ini Duta museum ini diharapkan akan lebih mengkomunikasikan serta meningkatkan citra positif museum yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

duta-museum-2017

Serangkaian acara pemilihan Duta Museum Jogja 2017 ini merupakan project kerjasama yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY dan Kirana Adhirajasa. Dinas Kebudayaan DIY mempercayakan atas pengelolaan dalam pemilihan Duta Museum Jogja 2017.

Pemilihan Duta Museum Jogja ini menjadi salah satu strategi yang dilakukan Dinas Kebudayaan DIY untuk mensosialisasikan tentang potensi-potensi museum yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Harapan dari diselenggarakan acara ini adalah masyarakat semakin mencintai museum sebagai media pembelajaran, sumber ilmu pengetahuan, daya tarik wisata dan budaya yang tidak akan pernah habis untuk digali. Mra/Abr

Add a Comment

Your email address will not be published.