Malam Tirakatan SO 1 Maret

Yogyakarta – Pada tanggal 24 Maret 2022, Presiden Republik Indonesia secara resmi telah menetapkan pada tanggal 1 Maret diperingati sebagai hari besar nasional yakni hari penegakan kedaulatan Negara yang bersumber dari peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 dengan keputusan Presiden Nomor 2 Tahun 2022. Yang kemudian pada tanggal 28 Februari 2022, diselenggarakan malam tirakatan di halaman Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Dalam acara tersebut, Dinas Kebudayaan DIY bekerjasama dengan PT Kirana Adhirajasa untuk menghelat acara malam tirakatan yang dihadiri oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Hukum Pemerintahan dan Politik, Bapak Maladi, S.H., M.M. , Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY Ibu Dian Lakshmi Pratiwi, S.S., M.A. dan seluruh jajaran pemerintahan yang lainnya.

malam-tirakatan

Rangkaian acara pada malam itu diawali dengan pentas seni musik kroncong, kemudian dilanjutkan dengan Staf Ahli Gubernur DIY Bidang hukum Pemerintahan dan Politik, Bapak Maladi, S.H., M.M. yang hadir untuk menyampaikan sambutan Gubernur DIY, yang selanjutnya Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Ibu Dian Lakshmi Pratiwi, S.S., M.A dengan laporan beliau terkait penyelenggaraan Tirakatan yang digelar secara rutin setiap tahunnya sehari sebelum 1 Maret. Untuk merayakan ditetapkannya tanggal 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara, dilakukan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta diwakili Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Hukum Pemerintahan dan Politik dan Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemudian potongan tumpeng tersebut diberikan kepada Ketua Paguyuban Wehrkreise III Yogyakarta.

Keberhasilan PT Kirana Adhirajasa dalam menyelenggarakan acara yang diadakan secara meriah tersebut ditutup dengan pagelaran Wayang Sinema yang mempertunjukkan Sejarah Serangan Umum 1 Maret 1949 yang dikemas secara berbeda dan baru. Wayang Sinema tersebut dipimpin oleh dalang dan sutradara Aneng berhasil menarik perhatian masyarakat luas sebagai bentuk sarana sosialisasi tentang sejarah serangan umum 1 Maret.

Malam Tirakatan

Setelah selesai diadakannya acara tersebut dengan baik dan lancar, tentu saja hal tersebut menambah pengalaman PT Kirana Adhirajasa untuk dapat terus melayani masyarakat umum dan kedinasan pemerintahan dalam merencanakan dan mensukseskan acara-acara besar yang dimiliki. PT Kirana Adhirajasa terbuka lebar untuk dapat bekerjasama dalam bentuk pelatihan pengembangan SDM dan penyelenggara event atau PCO.

Untuk informasi dan kerjasama dengan PT Kirana Adhirajasa dapat menghubungi : Mira (081215017910)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.