Event Jambore Duta Remaja Sehat DIY 2015

Event Jambore Duta Remaja Sehat DIY 2015

Event Organizer JogjaPembangunan suatu negara yang berkelanjutan membutuhkan penerus bangsa yang sehat dan cerdas. Namun, Ikatan Dokter Anak Indonesia mencatat bahwa saat ini banyak remaja yang meninggal akibat kecelakaan, percobaan bunuh diri, kekerasan, kehamilan yang mengalami komplikasi dan penyakit lainnya yang sebenarnya bisa dicegah atau diobati.

Melihat keadaan tersebut, diperlukan sebuah solusi aplikatif agar dapat merubah keadaan ini. Metode-metode konvensional yang selama ini digunakan harus diganti dengan metode baru yang dapat diterima dan sesuai dengan jiwa remaja kekinian.

Salah satunya yang dapat ditempuh yakni dengan Pemilihan Duta Remaja Sehat. Melalui pemilihan Duta Remaja Sehat ini, pemerintah dapat mendekati permasalahan remaja langsung pada akar rumput. Siswa-siswa aktif dan cerdas yang terpilih dari setiap Kabupaten di DIY berinteraksi langsung dengan lingkungan permasalahan kesehatan remaja, mereka akan mengajak serta mengedukasi teman-temannya secara langsung, baik di lingkungan sekolah, maupun tempat tinggalnya.

Agar dapat menjalankan perannya dengan baik, para duta remaja sehat terpilih ini harus memiliki bekal yang cukup, meskipun telah melalui seleksi dan dinilai oleh para juri dari dinas kesehatan, psikolog, dan dokter. Para duta remaja sehat akan menjadi model gaya hidup sehat sekaligus konselor bagi teman-temannya. Oleh karena itu, mereka membutuhkan banyak keterampilan untuk mendukung pengetahuan yang telah dimiliki selama proses seleksi. Untuk itulah pelatihan dan jambore duta remaja sehat diadakan. Diharapkan dari kegiatan yang dilaksanakan para peserta siap terjun untuk mengedukasi dan menjadi model remaja sehat di lingkungannya, agar remaja-remaja DIY menjadi calon penerus bangsa yang sehat dan tangguh.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan  Jambore Duta Remaja Sehat sebagai puncak pemilihan Duta Remaja Sehat DIY yang telah terpilih dari 5 Kabupaten dan sebagai wadah edukasi para duta kesehatan untuk menjadi model  gaya hidup sehat remaja  DIY.

Dalam hal ini, Dinas Kesehatan DIY menunjuk Kirana Adhirajasa sebagai event organizer jogja yang merencanakan dan melaksanakan serangkaian kegiatan ini. Hal tersebut menambah daftar kerjasama antara Kirana Adhirajasa dengan Dinas Kesehatan DIY.

Kegiatan Pelatihan Duta Remaja Sehat 2015 diselenggarakan selama dua hari yaitu tanggal 16-17 November 2015. Penyelenggaraan pelatihan dilakukan di Hotel Grand Rosela yang beralamatkan di Jalan Prawirotaman No.28, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini adalah 30 orang peserta Duta Remaja Sehat yang telah terpilih dari lima kabupaten/kota di DIY. Dalam kegiatan pelatihan ini, peserta diberikan berbagai macam materi yang diisi oleh para pakar yang ahli dibidangnya seperti Dr. Diannisa Ikarumi, SpOg yang menyampaikan materi tentang kesehatan reproduksi remaja, Harry Freitag Luglio Muhammad, M.sc dengan menyampaikan materi manajemen gizi bagi kesehatan remaja, Diana Setiyowati, M.Psi dengan menyampaikan materi psikologi remaja masa kini.   Disamping memperoleh materi, para peserta melakukan seleksi pemilihan Duta Remaja Sehat 2015. Seleksi ini merupakan seleksi awal atau penjurian awal yang dilakukan dalam enam sesi dengan tiga topik yang berbeda-beda.

Pelaksanaan Jambore Duta Remaja Sehat  2015 ini merupakan rangkaian puncak kegiatan pemilihan bagi Duta Remaja Sehat DIY. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan bagi  para remaja agar bisa menjadi wadah yang positif berperilaku hidup sehat. Melalui Pelatihan dan Jambore Duta Remaja Sehat yang telah dilalui, diharapkan para duta remaja sehat siap terjun untuk mengedukasi dan menjadi model remaja sehat di lingkungannya, agar remaja-remaja DIY menjadi calon penerus bangsa yang sehat dan tangguh.

Untuk informasi kerjasama dapat menghubungi admin kami di nomer 0812-1501-7910

Add a Comment

Your email address will not be published.