EVENT LCCM DIY 2022 Tingkatkan Pemahaman Cagar Budaya dan Permuseuman Siswa

EVENT LCCM DIY 2022 Tingkatkan Pemahaman Cagar Budaya dan Permuseuman Siswa

Event Organizer JogjaLomba Cerdas Cermat Museum DIY (LCCM) merupakan ajang perlombaan cerdas cermat yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan DIY bersama dengan Kirana Adhirajasa Indonesia sebagai event organizer Jogja. LCCM ini diadakan tiap tahunnya guna meningkatkan pemahaman kepada siswa tentang kebudayaan dan permuseuman, selain itu juga sebagai media untuk mencari siswa terbaik yang akan dikirim ke tingkat Nasional. Sehingga Dinas Kebudayaan DIY  dapat mengirimkan peserta terbaik untuk LCCKM ke tingkat Nasional. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2022 yang bertempatan di Hotel Tara Yogyakarta ini dihadiri 5 Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebagai perwakilan dari tiap kabupaten maupun kota yang terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Ke 5 peserta LCCM tersebut diantaranya :

  1. SMPN 1 Wates mewakili Kulon Progo
  2. SMPN 1 Pangudi Luhur mewakili Kota Yogyakarta
  3. SMPN 1 Sewon mewakili Bantul
  4. SMPN 1 Godean mewakili Sleman
  5. SMPN 1 Semin mewakili Gunungkidul

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri 4 orang dewan juri diantaranya :

  1. Agus Tony Widodo, S.Pd (Asosiasi Guru Sejarah Indonesia DIY)
  2. Baharuddin. S.S., M.Hum. (Pengajar Sejarah FIB UGM)
  3. Jujun Kurniawan, M.A (Arkeolog)
  4. Achid Nur Hidayat, S.Sn. (Pengajar music SMAN 1 Bantul)

Serangkaian acara diawali dengan tari penyambutan dari Sanggar Seni Padmasana, yang mana arti dari tarian tersebut adalah tarian selamat datang dengan gerak yang indah dan pengembangan dari gerak tari klasik. Kemudian dilanjutkan dengan laporan kegiatan dari Kepala Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Sejarah, Bahasa, Sastra dan Permuseuman. Dan dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan LCCM Tingkat SMP DIY oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Ibu Dian Lakshmi Pratiwi, SS., MA. LCCM tingkat SMP 2022 di DIY tersebut akhirnya memunculkan peserta terbaik yakni berasal dari SMPN 1 Godean yang mewakili Sleman sebagai juara umum pertama. Nantinya, SMPN 1 Godean akan mewakili DIY untuk ke tingkat selanjutnya LCCM pada tingkat Nasional.

Add a Comment

Your email address will not be published.