Kirana Adhirajasa sebagai Event Organizer

Kirana Adhirajasa sebagai Event Organizer

Event Organizer JogjaEvent Organizer (EO) merupakan suatu jenis usaha jasa yang banyak diminati oleh berbagai kalangan, karena kemudahan dalam memulai usaha ini dan juga bisa dilakukan untuk memenuhi beragam kebutuhan dari berbagai industri.

Hal ini dikarenakan ruang lingkup kerja penyelenggara sangat luas dan jenis acara yang dapat diselenggarakan sangat beragam, sehingga  sulit untuk membuat suatu pedoman yang dapat mencakup semua jenis acara yang diadakan oleh suatu event organizer. Salah satunya adalah Kirana Adhirajasa sebagai event organizer Jogja.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan bagaimana cara kerja Kirana Adhirajasa sebagai event organizer Jogja yang umum terjadi di lapangan, disertai dengan sedikit penjelasan serta beberapa contoh kasus yang biasa terjadi.

Baca Juga : Pagelaran Catur Sagatra 2022

Kirana Adhirajasa sebagai event organizer Jogja bertanggung jawab atas pekerjaan-pekerjaan sebagai berikut :

  1. Merumuskan Konsep

Tentunya pertama kali yang dilakukan oleh tim Kirana Adhirajasa sebagai event organizer Jogja berembuk dan mengadakan brainstorming guna menyusun konsep dari acara yang akan dilakukan, mulai dari penamaan, tema acara, lokasi, dan lain sebagainya.

Tahapan ini adalah yang paling krusial, karena nantinya akan berpengaruh terhadap besarnya anggaran yang diperlukan, teknis pelaksanaan acara, menentukan sumber pendanaan, penentuan lokasi, berapa banyak SDM yang diperlukan dan lain sebagainya.

  1. Teknik Acara

Tahapan kedua dalam cara kerja Kirana Adhirajasa sebagai event organizer Jogja adalah merumuskan teknis acara dari konsep yang sudah dibuat, yang akan memastikan segala kebutuhan yang diperlukan dari konsep tersebut sudah terpenuhi.

Bagian yang satu ini sangat erat kaitannya dengan pengalaman yang anda miliki, dan tentunya sangat krusial, karena apabila ada satu hal yang terlewat di bagian ini maka akan dapat berdampak buruk pada saat pelaksanaan acara.

Di tahap ini biasanya rundown acara sudah mulai disusun, meskipun nantinya akan tetap disesuaikan dengan kondisi sebenarnya setelah tempat, sponsor, dan lain sebagainya sudah memasuki tahap finalisasi.

  1. Menyusun Anggaran

Setelah dilakukan menentukan teknik acara, Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyusun anggaran dari event tersebut. Dalam tahap ini nantinya akan diketahui besaran biaya yang harus dipersiapkan untuk membuat suatu event.

  1. Pembagian Tugas

Dalam hal ini, Kirana Adhirajasa sebagai event organizer Jogja perlu untuk membagi tugas untuk SDM yang dimiliki. Sebab dengan adanya pembagian tugas, nantinya acara ini akan lebih terarah karena sudah adanya kewajiban yang harus dilakukan oleh tiap masing-masing individu.

  1. Persiapan

Tahapan selanjutnya adalah yang juga tidak kalah krusial dibandingkan tahapan lainnya, yaitu persiapan menjelang acara, yang umumnya sudah mulai dilakukan dari 1 tahun hingga 3 bulan sebelum event berlangsung.

Kesiapan dan pengalaman dari tim Kirana Adhirajasa  sebagai event organizer Jogja sangatlah dibutuhkan untuk merancang rencana cadangan apabila rencana semula tidak berjalan dengan mulus, sehinga bisa mencari alternatif yang juga masih dapat mendukung konsep semula.

Dari sisi promosi dan publikasi juga akan dilakukan di tahap ini, seperti pemasangan spanduk, banner, poster, yang tentunya juga dibarengi dengan mengurus perijinan dari pihak berwenang dan juga biaya-biaya yang harus dikeluarkan dan diawasi dengan ketat.

  1. Pelaksanaan

Tahapan terkahir dari cara kerja Kirana Adhirajasa sebagai event organizer Jogja adalah pada pelaksanaan acara itu sendiri alias hari H, yang bukan berarti pekerjaan dari tim Kirana Adhirajasa telah selesai, karena justru di tahap inilah tim kami harus mampu menangani situasi yang terjadi di lapangan.

Kesigapan dari tim kami, terutama mereka yang berperan sebagai penanggung jawab kegiatan sangatlah diperlukan, sehingga bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tidak membuang waktu atau melakukan kesalahan yang fatal.

Add a Comment

Your email address will not be published.