Pagelaran Catur Sagatra 2022

Pagelaran Catur Sagatra 2022

Event Organizer Jogja-Kirana Adhirajasa Indonesia sebagai Event Organizer Jogja kembali mendapatkan kepercayaan dari Dinas Kebudayaan DIY untuk menghelat suatu acara yang bertajuk “Catur Sagatra”.

Acara ini merupakan konsep pertalian trah Mataram Islam yang ada di Jawa antara antara Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Keraton Kasunanan Surakarta, Pura Pakualaman dan Pura Mangkunegaran. Pergelaran ini berawal dari gagasan dari empat raja Jawa, yakni Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX, Sri Paduka Paku Alam (PA) VIII,  Sri Susuhunan  Pakuwono XII serta Sri  Mangkunegara VIII.

Kirana Adhirajasa selaku Event Organizer Jogja yang menggelar Pergelaran Catur Sagatra ini diselenggarakan di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, pada Jumat (22/07/2022) malam. Dalam pergelaran kali ini, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat menampilkan tarian Bedhaya Mintaraga. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menampilkan tarian Bedhaya Ratu. Sedangkan Pura Pakualaman menampilkan tarian Bedhaya Wasita Ngrangsemu serta Pura Mangkunegaran dengan tarian Bedhaya Ladrang Mangungkung.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Event Organizer Jogja

Pada kegiatan ini, Dinas Kebudayaan DIY menunjuk Kirana Adhirajasa Indonesia sebagai event organizer Jogja untuk mengelola dan menjalankan seluruh rangkaian kegiatan ini. Acara “Catur Sagatra” ini mengundang elemen tokoh masyarakat dan kesenian untuk turut hadir.

Kegiatan Catur Sagatra merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dan sangat penting untuk pelestarian warisan budaya termasuk didalamnya upaya mengenalkan khasanah budaya di Yogyakarta dan Surakarta secara luas pada masyarakat.

Gelar budaya ini menjadi salah satu pusat pengembangan budaya. Selain itu menjadi upaya empat Kraton dinasti Mataram di Yogyakarta dan Surakarta dalam menjaga dan melestarikan budaya yang diwariskan leluhur.

Sebagai event organizer Jogja, Kirana Adhirajasa Indonesia mengemban tugas yang sangat penting untuk memastikan bahwa acara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, yang kemudian terbukti dari keberhasilan acara pada malam itu.

Untuk informasi mengenai kerjasama dapat menghubungi kami di 0812-1501-7910

Add a Comment

Your email address will not be published.