Kongres Kebudayaan Jawa III Sukses Diselenggarakan di Jogja

Kongres Kebudayaan Jawa III Sukses Diselenggarakan di Jogja

Event Organizer Jogja– Kongres Kebudayaan Jawa ke III telah sukses dilaksanakan oleh Kirana Adhirajasa sebagai Event Organizer Jogja yang dipercaya oleh Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini bertempat di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center. Kongres Kebudayaan Jawa III ini merupakan kegiatan empat tahunan yang dilaksanakan sebagai wadah dan sarana pembahasan masalah kebudayaan Jawa di tengah modernisasi.

Dalam kegiatan ini turut dihadiri tamu-tamu penting pemerintahan dan pemerhati budaya, seperti Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP. Gubernur Jawa Timur yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda. Prov. Jatim, Drs Benny Sampirwanto MS.i. Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi. ketua PANDI (Pengelola Alamat Domain Internet Indonesia), Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah DIY, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ristekdikti, serta para peserta Kongres Kebudayaan Jawa III Tahun 2022.

Pada pembukaan Kongres Kebudayaan Jawa III yang dikelola oleh Kirana Adhirajasa sebagai Event Organizer Jogja dibuka oleh Allilaqus Symphony Orchestra dan Con Amore Voice serta penampilan tari sambutan dari masing-masing daerah peserta KKJ. Selain penampilan seni budaya, para gubernur maupun perwakilan yang hadir juga memberikan sambutan dan secara simbolis membuka rangkaian Kongres Kebudayaan Jawa III dengan pemukulan bonang.

Baca Juga : SangiRun Night Trail 2022

Kegiatan KKJ III ini sukses dilaksanakan dengan diikuti setidaknya 400 orang peserta secara luring dan ratusan peserta lain yang dilakukan secara daring tersebar di seluruh dunia. Tujuan utama dari dilaksanakan KKJ III yakni untuk menindaklanjuti Saptagati (Hasil KKJ II-Surabaya 2018) yang merupakan amanah KKJ II (Surabaya) sebagai spirit dan landasan “Kabudayan Jawa Anjayèng Bawana” atau membawa “Kebudayaan Jawa sebagai Gerakan Kebudayaan Global”.

Menurut laporan kegiatan yang disampaikan oleh Dian Lakshmi Pratiwi selaku Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Kongres Kebudayaan Jawa II (KKJ II, 21 s.d. 23 November 2018) di Surabaya yang telah menghasilkan rumusan Saptagati Budaya Jawa tentang Isu-isu global seperti degradasi lingkungan, disharmoni hubungan antarbangsa, ketimpangan sosial ekonomi, kearifan lokal, kegelisahan global, modal sosial, gender, entropi, pangan, dan isu-isu global lain. KKJ II telah memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Tengah, dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menindaklanjuti Saptagati Budaya Jawa. Atas dasar amanah tersebut, maka KKJ III (November 2022) mengangkat tema: “Kabudayan Jawa Anjayèng Bawana: Dari Saptagati Menuju Kebudayaan Global”.

Kegiatan ini berlangsung dengan sangat baik berkat kerjasama tim yang solid Kirana Adhirajasa sebagai Event Organizer Jogja serta Dinas Kebudayaan DIY.

Untuk informasi mengenai kerjasama acara dan lain sebagainya dapat menghubungi admin kami di 081215017910.

Add a Comment

Your email address will not be published.